Rabu, 11 Desember 2013

Manfaat akar pisang




Akar pisang berkhasiat sebagai penawar racun, pereda demam (antipiretik), mendinginkan darah, antiradang, dan peluruh kencing. Hati batang pisang berkhasiat penurun panas dan untuk perawatan rambut. Cairan dari bonggol mengatasi infeksi saluran kencing, mennghentikan perdarahan (hemostatik), penurun panas (antipiretik), serta penghitam dan mencegah rambut rontok.
        Buah muda dan akar berkhasiat astringen. Buah muda berkhasiat antidiare, antidisentri, dan untuk pengobatan tukak lambung.
        Akar pisang mengandung serotonin, norepinefrin, tanin, hidroksitriptamin, dopamin, vitamin A, B, dan C. Buah mengandung flavonoid, glukosa, fruktosa, sukrosa, tepung, lemak, protein, minyak menguap, kaya akan vitamin (A, B, C, dan E), mineral (kalium, kalsium, fosfor, besi), pektin, serotonin, 5-hidroksi triptamin, dopamin, dan noradrenalin. Kandungan vitamin pada buah pisang cukup tinggi kadarnya bervariasi tergantung jenis pisangnya. Buah muda mengandung banyak tanin.
        Akar pisang dapat digunakan untuk mengatasi sesak napas (asma), air kernih (urin) mengandung darah, dan penyakit kulit. Untuk cairan dari bonggol digunakan untuk mengatasi berak darah karena panas dalam, disentri atau diare, wasir berdarah, perdarahan setelah melahirkan (perdarahan nifasi), pembersihan setelah melahirkan, rambut rontok dan beruban, radang ginjal, sifilis, dan digigit ular berbisa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar