Kamis, 19 Desember 2013

Membuat Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang



Banyak orang menganggap bahwa tanaman pisang ini hanya bisa dimakan buahnya dan daunnya untuk membungkus suatu makanan. Tetapi mereka salah pelepah pisang yang dianggap sampah ternyata mempunyai daya guna, sampah itu ternyata bisa menghasilkan sebuah uang dengan cara memberdayakan pelepah pisang untuk kerajinan tangan.
Untuk membuat kerajinan tangan dari pelepah pisang ini tidak begitu sulit bahkan untuk mendapatkan bahan dasarnya sangat mudah. Karena kita bisa menjumpai tanaman ini diberbagai tempat, seperti dipedesaan kita bisa menjumpainya dipinggir-pinggir jalan dan dilahan-lahan warga yang luas.
Untuk cara pembuatan kerajinan tangan ini yaitu pertama, potong pelepahnya, dan ambil kulit pelepah pisang yang paling luar. Karena yang akan digunakan adalah kulit terluar dari pelepah pisang ini. Lau kita tekan-tekan dengan menggunakan sebuah botol kaca sampai menjadi tipis dan menjadi bentuk lembaran-lembaran setelah itu keringkan pelepah pisang tersebut sampai benar-benar kering.
Kedua, Gambarlah sebuah pola kerajinan tangan pelepah pisang yang diinginkan pada kertas karton (misalnya pola kotak tissue), lalu digunting, dengan menggunakan lem, tempelkan pelepah pisang kering pada potongan pola yang belum dilipat. Setelah pelepah pisang tertempel pada pola, baru pola tersebut dirangkai menjadi bentuk kerajinan.
Ketiga, lapisi pola tersebut dengan cara di pernis, lalu keringkan di bawah terik matahari hingga lapisannya kering.
SELAMAT MENCOBA. . . :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar